INOVASI PEMBELAJARAN UNTUK 76 TAHUN INDONESIA MERDEKA
Inovasi pembelajaran, berasal dari kata inovasi dan pembelajaran. Inovasi berasal dari kata latin innovation yang artinya adalah perubahan dan pembaharuan. Inovasi ialah suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan atau kearah yang berbeda dari yang sebelumnya, dan dilakukan secara sengaja dan berencana.
Istilah perubahan dan pembaharuan memiliki perbedaan dan persamaan. Perbedaan diantara keduanya adalah jika pembaharuan terdapat unsur kesengajaan , sedang perubahan lebih cenderung kepada unsur ketidaksengajaan. Persamaan dari pembaharuan dan perubahan adalah sama-sama akan menimbulkan suatu unsur yang berbeda dari sebelumnya.
Pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan penyampaian pesan berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap dari guru kepada peserta didik. pembelajaran sebagai pencipta sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran. Dari pengertian di atas maka pembelajaran pada hakikatnya adalah proses penciptaan stimulasi kepada kelompok peserta didik, baik secara individu ataupun kelompok sehingga terjadi proses belajar dalam diri siswa.
Dari pengertian inovasi dan pembelajaran maka inovasi pembelajaran diartikan suatu wujud pembaharuan dan perubahan dalam penciptaan stimulasi kepada peserta didik, baik secara individu ataupun kelompok sehingga terjadi proses belajar dalam diri peserta didik.
Dalam inovasi pembelajaran ini tugas guru adalah menyiapkan para siswa agar mampu mengembangkan potensi terbaiknya untuk mengisi kemerdekaan ini. Guru dan siswa harus mampu melakukan hal nyata, pembelajaran diterapkan kepada siswa, guru menggunakan berbagai macam aplikasi untuk kelancaran kegiatan belajar mengajar. Namun harus kita cermati kembali apakah hanya sebatas memberikan pengalaman bermedia semata atau memang bisa mendorong pengalaman nyata dan tentu saja bermakna bagi siswa. Hal ini jangan sampai pembelajaran terlihat mewah dan luar biasa dengan menggunakan aplikasi yang modern dan kekinian namun nihil secara prakteknya. Apapun medianya pembelajaran haruslah tetap bermakna. Jangan sampai kita hanya berteori di dalam aplikasi yang canggih dan kekinian tersebut.
Pembelajaran yang diterapkan haruslah selaras dengan kebutuhan dalam menjalani tantangan yang dihadapi seperti contoh yang bisa kita ambil adalah permasalahan pandemi covid-19 saat ini yang mana semua kegiatan pembelajaran kita laksanakan melalui Daring/Online yang tentunya memerlukan inovasi pembelajaran yang bervariasi dan luar biasa dari guru.
Diharapkan 76 tahun Indonesia merdeka dan pendidikanpun merdeka, pendidikan yang tentunya menggembirakan siswa,. Pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan lebih mudah ditangkap oleh siswa. Karenanya seorang guru harus berinovasi agar pembelajaran dikelasnya bukan hanya sekedar rutinitas pembelajaran semata.
Pembelajaran memang di setting untuk melayani siswa, maka dari itu sebagai soeorang guru harus bisa introspeksi diri , maka sungguh kita telah menerapkan refleksi pembelajaran yang merdeka bagi guru maupun bagi siswa. Kita juga perlu menyadari sebagai fasilitator pembelajaran bagi siswa kita juga harus meningkatkan kompetensi . Siap menerima kritikan dan masukan meskipun datangnya dari para siswa. serta terbuka dengan keilmuan yang baru.
Hal itu penting dilakukan agar guru semakin luas cakrawala berfikirnya serta semakin komplit keilmuannya. Guru menjadi semakin inovatif dalam melayani siswa dalam pendidikan yang menyenangkan bagi siswa. Bukan pendidikan yang terjajah dengan kemauan gurunya atau terpasung rasa ingin tahunya , dikarenakan diatasinya kreativitas siswa dalam mengekplorasi kemampuan diri oleh karena kita sibuk sekedar menghabiskan materi pembelajaran semata. Masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk memerdekakan pendidikan di indonesia . Masa pandemi harus bisa menjadi jembatan untuk mengedepankan belajar berbasis karakter.
Guru harus melakukan suatu perubahan atau inovasi di dalam pembelajaran dan dalam proses pembelajaran. Karena setiap siswa memiliki keunikan masing-masing sehingga guru harus dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam mendapatkan pembelajaran. Inovasi pembelajaran adalah suatu penemuan terbaru didalam proses interaksi antara pendidik dan peserta didik sehingga tercapai suasana yang menyenangkan dan penyaluran ilmu berjalan secara optimal serta menciptakan suatu perubahan perilaku ke arah yang positif.
Seiring berjalannya waktu, 76 tahun Indonesia merdeka di era modern ini, teknologi berkembang pesat, kehidupan jaman dahulu jauh berbeda dengan sekarang. Pembelajaran pun berbeda,teknologi berkembang pesat termasuk dalam dunia pendidikan yang menghasilkan inovasi baru guna menunjang pembelajaran seperti media pembelajaran yang bervariasi. Dalam kegiatan sehari-hari sebagai guru mengkombinasikan alat teknologi dalam proses pembelajaran. Guru dituntut aktif dan kreatif untuk berinovasi guna melaksanakan kegiatan belajar mengajar siswa agar terasa nyaman dan menyenangkan.
Jadi kesimpulan dari uraian diatas bahwa dalam dunia pendidikan sekarang ini terutama di era digital dan 76 tahun sudah Indonesia merdeka, guru dituntut mampu berinovasi dalam pembelajaran apalagi dalam menghadapi masa pandemi ini.
BIOGRAFI PENULIS
Nama : Chrisanti Rusdiana, S.Pd
NIP : 197109292008012008
Tempat/Tgl Lahir : Tanah laut, 29 September 1971
Pangkat/Gol : Pembina/ IVa
Unit Kerja : SMA Negeri 1 Kintap
Alamat : Jln. Pusaka Gg. Dahlia Rt.2
Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut Prov. Kal-Sel
Motto : Disiplin kunci kesuksesan.