GAME ONLINE DAN PENDIDIKAN INDONESIA
Indonesia merdeka sudah 76 tahun, pada HUT yang ke 76 tahun ini ada bebrapa hal yang perlu kita renungi karana usia 67 tahun bukan lah usia yang muda lagi, salah satu amanat undang-undang yang harus kita capai dengan kemerdekaan ini adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Apakah di HUT yang ke 67 ini cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa itu sudah bisa kita capai? apabila indikatornya sistem pendidikan maka mencerdaskan kehidupan bangsa itu masih jauh untuk kita capai, karana hasil survie dari Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun ini menempatkan indonesia pada urutan 55 dari 73 negara. Sementara di Asia Tenggara kita hanya menduduki urutan ke 4, dibawah Singapura, Malaysia dan Thailand.
Pendidikan merupakan hal penting untuk memajukan suatu bangsa, sistem pendidikan yang baik akan menumbuhkan bangsa menjadi lebih baik. Tantangan pendidikan dimasa pandemi seperti sekarang membuat seorang guru memiliki keterbatasan dalam mengajar karena tidak bisa bertatap muka langsung dengan siswa-siswi nya. Pembelajaran dengan daring tentu memliki keterbatasan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kemajuan teknologi sekarang menjadi tantangan dunia pendidikan dengan banyak nya game online membuat siswa-siwi lebih tertarik memainkan game dari pada belajar, mereka lebih rela menghabiskan kouta internet nya untuk bermain game dibanding melakukan zoom untuk pembelajran.
Banyaknya tantangan yang dihadapi sekarang haruslah membuat guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang dirancang harus mampu untuk menarik siswa-siswi untuk mengikuti pembelajaran. Kemajuan teknologi juga harus mampu dimanfaatkan oleh guru untuk membuat pembelajran lebih menarik bagi siswa entah itu membuat pembelajaran seperti game online atau pun geme online itu sendiri bisa di jadikan media pembelajaran sehingga siswa-siswi lebih menarik untuk mengikuti pembelajaran.
Georafi adalah salah satu pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Atas , Salah satu kendala utama dalam pembelajaran georafi pada masa pandemi seperti sekarang ini adalah tidak bisanya siswa mendapatkan pengalaman langsung dilapangan secara faktual mengenai hal yang dipelajari nya. Teknologi yang semakain berkembang bisa menjadi sulosi untuk mengatasi keterbatan dimasa pandemi ini, rancangan pembelajaran yang berbasis teknologi tentu sangat membantu dalam pembelajaran dimasa sekarang atau akan datang.
Salah satu cara untuk memberikan pengalaman secara langsung didalam pembelajaran geografi kepada siswa dengan memanfaat kan teknologi adalah dengan membuat inovasi berupa lab virtual geografi dimana dengan lab virtual ini siwa-siwi dapat mengakses secara langsung pembelajaran yang kita rancang, dan siswa-siswi bisa meperoleh pengalaman belajar yang sama dengan apa yang biasa dilakukan dilapangan. Rancangan di dalam lab virtual ini harus lah mampu membuat siwa-siswi tertarik untuk mengikuti pembelajaran nya, Lab virtual ini harus mampu untuk menjadikan anak senang ketika melakukan aktivitas nya, Lab virtual ini juga haruslah mampu tumbuh untuk bersaing dengan game online atau mungkin berkolaborasi dengan game online itu sendiri, sehingga generasi penerus bangsa Indonesia ini bisa semakin cerdas dan bisa membuat bangsa indonesia tumbuh menjadi bangsa yang tangguh.
Semoga di hari ulang tahun ke 67 pendidikan di indonesia bisa membuat cita-cita pendiri bangsa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bisa kita capai, semoga pendidikan kita bisa tumbuh dan tanguh. Dirgahayu Republik Indonesia ke- 67 Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.
Oleh : Risky Kusmayadi, S.Pd